Mer-C Ungkap Kondisi 3 WNI Saat Israel Gempur RS Indonesia

GAZA CITY, aliranberitacom – 

Petinggi Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C) mengungkapkan kondisi tiga relawan warga negara Indonesia saat Israel menggempur Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Ketua Presidium Mer-C Sarbini Abdul Murad mengatakan hingga kini pihaknya belum bisa berkomunikasi dengan tiga relawan tersebut. Namun, dia menyebut mereka dalam kondisi sehat berdasarkan informasi yang didapat.

“Menurut informan jaringan kami, bahwa tiga relawan Mer-C dalam keadaan sehat, ada beberapa foto yang membuktikan bahwa relawan kami dalam keadaan sehat,” ucap Sarbini saat konferensi pers di kantor pusat Mer C Jakarta, Senin (20/11).

Terpisah, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan pihaknya masih hilang kontak dengan tiga WNI yang jadi relawan di Rumah Sakit Indonesia.

Dia mengaku telah menghubungi Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) di Gaza, untuk menanyakan situasi RS Indonesia dan kondisi tiga WNI itu.

“Dan memperoleh jawaban bahwa UNRWA juga tidak dapat melakukan kontak dengan siapapun di RS Indonesia saat ini,” ungkap Retno.

Retno juga berusaha menghubungi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Palang Merah Internasional untuk menanyakan ketiga WNI itu. Namun, hingga kini, dia belum mendapatkan jawaban.

Lebih lanjut, Retno menegaskan Kementerian Luar Negeri Indonesia akan terus berusaha untuk menghubungi berbagai pihak, guna memperoleh informasi terkait RS Indonesia dan keselamatan tiga WNI tersebut.

Ketiga WNI itu merupakan relawan yang bekerja di RS Indonesia. Namun, kondisi RS dalam bahaya.

Pasukan Israel mengepung dan menggempur RS Indonesia sejak Senin (20/11) pagi. Mereka juga tak membiarkan warga keluar dari rumah sakit.

Pengepungan Israel di fasilitas medis ini terjadi di tengah Israel melancarkan agresi mereka di Palestina. Sejak 7 Oktober, Israel terus menggempur Gaza bahkan Tepi Barat.

Selama agresi, pasukan Israel juga menyerang warga dan objek sipil seperti sekolah, tempat ibadah, hingga rumah sakit.

Sejauh ini, total korban tewas di Palestina akibat gempuran Israel mencapai 13.000.(**)

Sumber: CNN Indonesia

Editor: Azka Adiputra

Senin 20.11.2023.        21:43 wib

 

#internasional #gaza #rsindonesia

 

 

 

 

 

 

Related posts
Tutup
Tutup